Pelaksanaan Pelatihan Pemanfaatan Lahan Pekarangan & Pasca Panen

November 26, 2017 0 Comments

“Pelatihan Pemanfaatan Lahan Pekarangan & Pasca Panen” pada tanggal 20 September 2017 merupakan salah satu program kerja Bidang Ekonomi Dharma Wanita Persatuan Pusat tahun 2017.  Pelatihan diselenggarakan dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif dalam pemanfaatan pekarangan rumah  sampai pasca panen bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta.

Pelatihan yang diikuti oleh 45 orang peserta yang terdiri dari Pengurus DWP Pusat, Instansi Pemerintah Pusat serta Masyarakat umum, dibuka oleh Kepala BPPT Jakarta, Ibu Ir. Etty Herawati, M.Si

Tujuan dari Pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anggota DWP sehingga mampu menghasilkan tanaman hias, apotik hidup, tanaman pangan di kalangan rumah sendiri dan menambah pendapatan keluarga.  Peserta juga dapat membudidayakan tanaman dengan cara hidroponik, tradisional dan budidaya organik.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah

  1. Emi Sugiartini, M.Si, mengenai budidaya tanaman dengan sistem hidroponik, Hidroponik indoor, Vermikomposting,
  2. Ibu Syarifah Aminah, Sp, mengenai budidaya tanaman dipekarangan rumah dan teknologi pasca panen,
  3. Bapak Nu, sebagai pendamping meninjau tanaman sayuran,
  4. Bapak Syamsul teknik pembuatan kompos,
  5. Andriani Ratnasari cara membikin minuman smoothie

Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi interaktif, praktek dan tanya jawab.

Diharapkan melalui program pelatihan ini peserta dapat menguasai teknik-teknik dalam bertani secara hidroponik dan bisa mempraktekannya,  dapat mengolah hasil paska panen sesuai keinginannya,  mampu merencanakan bisnis tanaman hidroponik yang tepat dengan fasilitas yang tersedia,  juga dapat membuat smoothie dari tanaman sayuran seperti dari tanaman pokcoy.

Secara umum pelatihan dapat berjalan dengan baik, lancar dan peserta antusias berdiskusi interaktif dengan para narasumber.

 

 

*Penulis MD

Sumber Laporan Bidang Ekonomi DWPP

 



Share this Story


About the Author


Join Discussion