Nge-Kost Yuk ………!!!!

July 30, 2017 0 Comments

Cerita tentang anak kost memang penuh warna warni, seperti warna pelangi mejikuhibiniu (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu), penuh suka dan duka.

Seberapa menarikkah kehidupan mereka ?

Saya bertemu 2 orang mahasiswa yang kuliah di Bandung dan Bogor menceritakan pengalaman kehidupan sebagai anak kost. Menurut mereka, hidup di kost berarti :

  1. Bebas Merdeka

Pastinya ditempat kost tidak ada yang melarang kemanapun kita mau pergi, mau bangun pagi dan mandi jam berapa juga suka-suka kita. Enakkan ………..

  1. Berbagi kamar

Awalnya mau nge-kost yang bisa sekamar sendiri, tapi kalau dananya tidak cukup ….terpaksa harus berbagi. Syukur-syukur kalau dapat teman sekamar yang sama sifatnya dengan  kita, tapi kalau tidak ….cukup ngelus dada aja deh.

11

  1. Pintar Berimajinasi

Awal bulan disebut dengan “perbaikan gizi”, pertengahan sampai akhir bulan sebutannya beda lagi “hidup  prihatin”.  Di kamus anak kost tidak ada makanan yang rasanya tidak enak, bahkan yang tadinya tidak suka  bisa menjadi suka. Gimana sih bisa makan, makanan yang tidak kita suka ? jawabannya adalah

Bayangkan saja tempe yang kita makan adalah ayam goreng, gampangkan …

Mie instan adalah makanan yang wajib dimiliki anak kost,  selain harganya yang sangat terjangkau untuk kantung mahasiswa, juga beraneka rasa. Sarapan pagi dengan mie instan rasa ayam bawang, makan siang dengan mie instan rasa soto ayam dan makan malam mie instan rasa kari ayam

  1. Biasakan Budaya Mengantri

Pernah mendengar istilah “Siapa cepat dia yang dapat?”. Kalau tidak mau mengantri kamar mandi, biasakan bangun paling pagi atau kalau bangunnya kesiangan tidak ada salahnya numpang mandi di toilet  masjid terdekat.

  1. Aku sakit ……!!!!!

Paling sedih kalau sakit jauh dari keluarga tapi kalau kita sudah memilih untuk hidup nge-kost tidak punya pilihan lain, harus dihadapi sendiri. Orang yang pertama kali menolong  pasti teman satu kost, mulai dari yang dadakan menjadi dokter dengan memberikan obat-obatan warung sampai yang membelikan makanan tapi kalau sudah tidak kuat,  jalan terakhir adalah …….ke dokter.

  1. Pakaian yang tertukar

Bukan sekali dua kali kejadian seperti ini terjadi, bagaimana solusinya ? Pertama dengan memberikan label kecil di bagian dalam baju yang bertuliskan nama kita,  tapi kalau masih juga tertukar solusi terakhir …..yah ke laundry kiloan.

13

  1. Kreatif

Jadi anak kost itu harus kreatif. Di saat uang bulanan mulai menipis atau kiriman terlambat datang otak harus cepat diputar, banyak jalan menuju Roma.  Jika sabun atau shampo habis, gampang…. langkah pertama balikkan botol sabun atau shampo, jika isinya sudah tidak bisa keluar lagi lanjutkan dengan  langkah  ke dua, tinggal buka tutupnya ….langsung isi dengan air kran. Kalau pakainya yang sachetan ? tinggal bagi dua saja setengah buat hari ini setengahnya lagi buat besok.

21

22

  1. Kerja sambilan

Banyak cara sebetulnya kalau kalau mau dapat  uang saku tambahan, modalnya hanya satu “Jangan malu”. Buka jasa pasang sol sepatu, jualan makanan, jualan pulsa. Untungnya memang tidak banyak, paling banyak juga seribu rupiah kalau mau dapat yang lumayan, bisa kita menawarkan diri ke ibu kost untuk membantu cuci mobilnya atau bisa juga dengan memberikan les tambahan sesama anak-anak kost.

Sudah siapkah anda untuk hidup nge-kost ? semoga pengalaman mereka dapat menjadi masukan.

Penulis : ella



Share this Story


About the Author


Join Discussion